Selamat Datang Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Sabtu, 17 Maret 2012

Profil KIME FE Unnes

KOMUNITAS ILMIAH MAHASISWA EKONOMI
(KIME) FE UNNES

Pasca terbentuknya Fakultas Ekonomi, animo mahasiwa ekonomi yang tinggi akan ranah ranah ilmiah yang menyediakan area tak terbatas dalam mengapresiasiakan dan mengekpresikan ide ide kreatif . Hal itu dibuktikan dengan banyaknya proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil dikirim ke DIKTI sehingga menuntut untuk segera dibentuknya sebuah lembaga yang berfungsi sebagai wadah bagi pengembangan keilmiahan di kalangan mahasiswa ekonomi secara lebih mendalam dan terpola.


Berawal dari hal tersebut maka pembentukan Komunitas Ekonomi Mahasiwa Ekonomi ( KIME) FE Unnes merupakan wujud komitmen antara mahasiswa dan fakultas dalam rangka menumbuhkembangkan dunia ilmiah di lingkungan Civitas akademika Fakultas Ekonomi.

Berdiri : Semarang tgl 27 November 2006
Tempat Kedudukan : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Sifat dan Status : KIME adalah Organisasi kemahasiswaan yang Edukatif,
Ilmiah dan Independen sebagai lembaga otonom
Asas : KIME berasaskan Pancasila
Karateristik : Kime adalah wahana pengembangan potensi ilmiah dan edukatif

Visi
* Menciptakan budaya Ilmiah civitas akademika Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
* Menciptakan atmosfer akademik & dan mengembangkan budaya ilmiah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Misi
* Pemberdayaan Potensi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dalam Kegiatan Penalaran Dan Karya Ilmiah
* Menumbuhkembangkan Sumberdaya Manusia Yang Dinamis & Produktif Dalam Bidang Ilmiah

Tujuan
* Mewujudkan wahana aktualisasi diri secara kolektif sebagai wujud peran mahasiswa fakultas ekonomi unnes dalam mengembangkan potensi, bakat dan minatnya sebagai pemikir, penulis & peneliti muda dalam bidang ilmiah

Fungsi
* Sebagai wadah komunitas ilmiah bagi mahasiswa fakultas ekonomi
* Sebagai media untuk menyalurkan ide kreatif mahasiswa yang bersifat ilmiah
* Sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara
* Sebagai jembatan mewujudkan lulusan yang handal dalam menghasilkan sarjana sarjana ekonomi yang profesional, memiliki integritas dan kemampuan kompetitif yang tinggi di bidang ilmu-ilmu ekonomi baik dalam tataran lokal, nasional maupun global.

Dalam menjalankan fungsinya KIME FE terdiri dari 4 Departmen yaitu

* Departmen Kajian Ilmiah yang mepunyai tugas pokok sebagai media aktualisasi dalam bidang kepenulisan karya ilmiah dan ouput yang diharapkan adalah lahirnya Karya ilmiah untuk diperlombakan,jurnal imliah,artikel ,dll.
* Departmen Riset yang mempunyai tugas pokok sebagai media aktualisasi dalam bidang penelitian atas masalah yang terjadi di masyarakat dan mampu memberi solusi atas masalah tersebut serta memberi bekal pemahaman dan pengetahuan tentang penelitian sebagai salah satu bentuk pengembangan ilmu dan teori baru.
* Departmen Jaringan dan Komunikasi (JARKOM) yang mepunyai tugas pokok sebagai sumber informasi ektern dan intern yang mampu memberi data,dan informasi yang berguna bagi lembaga dan sebagai media komunikasi kepada masyarakat dan pihak pihak lain.

* Departmen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
Adalah divisi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia fungsionaris KIME, anggota KIME, dan mahasiswa di lingkungan kampus Fakultas Ekonomi khususnya dalam bidang keilmiahan.

Dengan adanya kehidupan ilmiah yang dinamis dan produktif secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak signifikan pada kharakter mahasiswa Fakultas Ekonomi sehingga dapat menjadi lulusan yang profesional, memiliki kredibilitas tinggi, kualitas yang handal dan kemampuan kompetitif, baik dalam tata lokal, regional maupun global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates