Selamat Datang Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Senin, 09 April 2012

Serunya Upgrading KIME


UPGRADING KIME FE UNNES



Pada tanggal 18 Maret 2012 tepatnya hari minggu, para punggawa KIME mengadakan Upgrading untuk merekatkan persaudaraan dan keakraban antar sesama.


Matahari mulai tersenyum menyinari pagi, cahayanya menerpa kompleks PKM fakultas ekonomi beriringan dengan mulai berdatangannya para fungsionaris KIME. Jam enam pagi, wakttu yang ditentukan oleh panitia Upgrading itu. Tapi walau sepagi itu tidak mengurangi kesemangatan untuk bergegas datang.

Beberapa menit berlalu, para punggawa KIME sudah berduyun-duyun datang. Sang komandan KIME mulai memberi komando, "Ayoo... Kawan-kawan semua kita menuju kearah taman rektorat !!!" seru sang komandan. Semua pasukan pun mulai berdiri dari duduknya yang penuh lamunan disertai rasa kantuk yang terpancar dari wajah mereka. Wajah yang sebenarnya menampakan rasa masih ingin terlelap dalam mimpi. Semua fungsionaris pun mulai berjalan mengikuti sang komandanya, berjalan dengan santai sambil saling bercanda tawa.



Berjalan bersama menuju taman rektorat, taman yang menjadi idaman para mahasiswa untuk berolahraga. Taman rektorat Unnes memang mempunyai area yang luas serta memiliki pemandangan yang indah dan sejuk terasa. Sebelum sampai ke taman, semua fungsionaris terhenti didepan kantor Menwa Unnes, Resimen Mahasiswa. Mereka berhenti karena melihat ada senam bersama yang terlihat sangat asyik dan seru. Mereka pun bergabung dulu dengan orang-orang yang senam diisitu. Mereka pun mulai bergerak lincah kesana kemari, walau gerakannya sering berbeda dengan sang instruktur senam. Tapi tetap terlihat mereka sangat energik diiringi senyum-senyum yang terpancar dari wajah mereka.

Senam pun selesai, mereka segera berjalan bersama kembali memutari area rektorat sebelum sampai ke area taman. Setelah berputar akhirnya mereka sampai dan memutuskan untuk beristirahat di halaman depan perpustakaan Unnes. Semua fungsonaris duduk melingkar membentuk sebuah lingkaran kecil. Waktu itu memang tidak semua fungsionaris dapat datang, ada beberapa yang tidak ikut. Selanjutnya adalah sesi perkenalan, untuk menambah keseruan sesi itu yang perkenalan tidak urut. Dengan cara menyanyikan sebuah lagu yang sangat seru dan asyik, yang pasti semua mahasiswa dapat menyanyikannya yaitu lagu "Balonku Ada Lima". Hehe itulah lagu yang dipakai, aturanya semua fungsionaris menyanyi bersama sambil memutar sebuah benda. Ketika lagunya sampai dalam "meletus balon hijau... DOR", pas kata dor itu lah maka benda yang diputar harus berhenti dan itulah yang akan perkenalan, begitu seterusnya.

Setelah seru-seruan perkenalan kini waktunya makan pagi bersama, mereka makan nasi krempyeng. Ya itulah nasi yang sangat dikenal anak kos, nasi yang biassa makan setiap pagi. nasi yang terdiri dari campuran sayur-mayur dengan ditaburi gorengan yang renyah. Setelah makan lanjut kesesi fun games.


Game pertama, adalah tebak nama. Semua funsionaris diminta berdiri. Acara fun games itu dipimpin oleh para MPO KIME. Aturan permainannya, salah satu orang ditunjuk untuk menyebutkan nama semua fungsionaris yang ada. Terus jika namanya disebut, yang disebut wajib untuk jongkok. Keseruannya pasti ada orang yang tidak bisa nyebutin semuanya, karena memang baru kenal. Dan hukumannya adalah wajib untuk berkenalan. Serta banyak juga yang walaupun sudah lama di KIME tapi juga masih tidak kenal atau kelupaan. Ada juga yang hanya bisa menyebutkan semuanya dan ada juga yang hanya bisa menyebutkan sedikit saja.


Permainan kedua, yaitu Tenggelam. Yaitu mereka dibagi beberpa kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah empat orang. Setiap kelompok menamai kelompoknya dengan nama binatang yang harus bersuara seperti binatang itu. Ada yang menamai dengan ayam jantan dengan suaranya kukuruyuk, ayam betina dengan totokbetok, burung dengan cicitcuit, kambing dengan embeeek serta sapi dengan suara khasnya emooooh. Aturanya, empat orang diatur berbaris kebelakang dan dalam posisinyai itu mempunyai tugas sendiri-sendiri. Yang paling belakang berkata "Siap-Siap", depannya mengatakan "Tembak", depannya lagi "Dor", terus yang paling terdepan menyebut nama kelompok yang lain. Jadi seperti jika diurtkan "Siap-siap... Tembak... Dorrr, kambiiing!!" sambil menunjuk kelompok kambing. Maka kelompok kambing harus segera berkata "embeeek", terus kelompok kambing yang paling belakang berkata "Siap-siap", depannya "Tembak" terus "Dorrr" dan seterusnya saling menyebut kelompok lain. Hingga bagi kelompok yang tidak sigap ketika kelompoknya disebut dan tidak segra menjawab, maka kelompok itu gugur. Serta sering kali juga ada kelompok yang salah menyebut nama kelompok atau salah menunjuk nama kelompok. Ada juga yang malah sling berebutan dalam mengucapkan kata-kata siap tembak dornya. Itu berarti gugur juga.


Permainan yang ketiga adalah kumunikata. Yaitu kini hanya dibagi menjadi tiga kelompok saja. Semua kelompok diminta berbaris kebelakang. Orang yang berad paling belakang diminta menuju MPO. Mereka yang kesitu diberi kata-kata yang aneh-aneh yang sulit dihafal. Seperti "Hari libur, subur makan bubur, lari terus kejebur". Aturanya dari yang paling belakang membisikan kata-katanya kedapanya, dan terus kedepan dan kedepan lagi sampai yang paling depan. Terus MPO mengecek kebenaran kata-kata yang diucapkan yang paling depan. Tapi banyak sekali yang salah dan kata-katanya menjadi amburadul terbolak-balik. Seperti "Hari libur, subur makmur makan bubur, kejebur-jebur".

Matahari semakin naik, udara semakin kian panas. Akhirnya semua permainan sudah selesai. Kini kembali semua fungsionaris duduk melingkar dan sang komandan memimpin acara penutupan itu dengan menyimpulkan secara bersama makna tersembunyi dari permainan-permainan yang tadi telah dilalui.

Dari permainan pertama, mempunyai makna :
-Supaya bisa saling mengenal antar fungsionaris 
- Melatih daya ingat dalam menghafal
-Jadi orang jangan hanya mau dikenal, tapi jadilah orang yang mau mengenal orang lain
 
Permainan kedua :
-Melatih kerja sama antar fungsionaris
- Melatih responsifitas dan kepekaan terhadap hal-hal yang tiba-tiba terjadi
- Melatih untuk bisa percaya dengan masing-masing bagian tugas orang lain
- Jika bekerja harus mempunyai tujuan yang jelas
- Fokus terhadap apa yang akan dicapai
Permainan ketiga :
-Komunikasi itu sangat perlu dalam organisasi
- Melakukan kerja masing-masing harus dengan sungguh-sungguh
- Saling percaya dengan rekan kerja
- Jika terdapat kesalahan dalam organisasi maka harus dipecahkan bersama dimana letak kesalahannya

Itulah acara Upgrading yang dilakukan KIME FE Unnes, setelah itu semua kembali ke PKM FE Unnes. Ternyata acaranya belum berakhir, masih ada acara terakhir yaitu tukar kado antar fungsionaris. Setelah itu acara Upgrading benar-benar selesai. Semoga bisa menumbuhkan keakraban dan kesolidan antar funsionaris KIME FE Unnes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates