Selamat Datang Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Sabtu, 16 Februari 2013

LKTI MIGAS 2013 (UPN Veteran)


A.               LOMBA KARYA TULIS ILMIAH





INVITASI PESERTA
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MIGAS 2013
HIMPUNAN MAHASIWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA

PENDAHULUAN
Semakin maraknya perusahaan yang mengelola mineral di Indonesia di era sekarang ini, perlu adanya tindak lanjut guna menghindari peselisihan antara pengusaha, pemerintah, dengan lingkungan dan masyarakat. Hal ini tidak menutup kemungkinan menjadi tugas bagi mahasiswa untuk menjembatani perselisihan - perselisihan yang mungkin bisa terjadi.
Mahasiswa sebagai agen penggerak dalam perubahan di negeri ini yang akan meneruskan perjuangan dan kepemimpinan dimasa mendatang. Mahasiswa harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh dengan didasari program studi akuntansi. Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berfikir dikalangan mahasiswa yang aktif, kreatif, dan inovatif, sebab masa menjadi seorang mahasiswa adalah masa yang syarat dengan daya kreasi tinggi dan dan masa yang penuh keinginan untuk mengetahui dan mencoba segala hal yang baru sebagai sarana pengembangan diri dan mengenal kehidupan di program studi yang ditempuh untuk mewujudkan kesuksesan dimasa depan.
Kreatifitas pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap yang kritis dan kreatif pada diri mahasiswa secara menyeluruh. Sikap ini akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses dan kegiatan kepada mahasiswa yang meliputi pengamatan, pelatihan akademik, penilaian serta penumbuhan rasa kreativitas yang setidaknya dapat direalisasikan oleh para mahasiswa untuk menghantarkan mahasiswa membangkitkan rasa solidaritas antar mahasiswa di program studi akuntansi. Semua itu dapat ditempuh dalam segala aktifitas di kampus yang menyangkut kegiatan akademik maupun non akademik. Untuk membantu memulihkan serta meningkatkan semua itu, mahasiswa perlu diberikan sarana seperti ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah ( LKTI ) dan Seminar sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan yang bermanfaat. Untuk mencapai semua itu, dibutuhkan semangat perjuangan, kecerdasan intelektual dan pengalaman, yang menjadikan sebuah bentuk yang sangat membanggakan.
Adapun Lomba Karya Tulis Ilmiah ( LKTI ) dan Seminar yang akan kami laksanakan ini, ingin mengangkat topik tentang Ekonomi Migas. Hal ini dikarenakan kurang pahamnya mahasiswa dan masyarakat tentang ekonomi migas yang pada dasarnya industri migas merupakan sektor penting didalam pembangunan nasional baik dalam hal pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri maupun sebagai penghasil devisa negara sehingga pengelolaannya perlu dilakukan seoptimal mungkin.
Di indonesia didalam tanahnya sangat banyak terkandung mineral yang dapat dimanfaatkan untuk mensejahterakan rakyat dan bangsanya. Entah itu minyak bumi , batu bara, gas bumi dan masih banyak lagi yang bisa dimafaatkan negara.
Perusahaan – perusahaan yang mengolah mineral yang ada di Indonesia sendiri sudah banyak. Untuk pengambilan semua mineral tersebut, perusahaan harus menggunakan beberapa cara antara lain dengan cara eksploitasi ataupun menggali tanah agar mineral dapat diolah, sehingga mengakibatkan tanah, lingkungan, ekosistem hewan akan rusak. Belum juga perusahaan yang ilegal untuk mencari tambang. Mereka tidak mempedulikan dampak dari eksploitasinya. Banyak perusahaan pertambangan dan perminyakan mengalihkannya dengan memberikan Corporate Social Resposibility ( CSR ) kepada masyarakat ataupun lingkukan sekitar perusahaan atas apa yang telah dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Apakah perusahan-perusahaan tersebut sudah memberikan CSR kepada masyarakat untuk menyuap kita agar kita lupa akan apa yang dilakukan perusahaan itu? Dan apakah pemberian CSR itu sebagai salah satu alat strategi perusahaan, agar perusahaan itu terlihat bagus dan mempunyai citra baik dimata masyarakat.
Disamping itu perusahaan yang membidangi perminyakan ataupun pertambangan bukan perusahaan sembarangan. Mereka pasti sudah menerapkan peraturan-peraturan untuk eksistensi perusahaan itu sendiri, salah satunya adalah penerapan Good Corporate Governance ( GCG ) diperusahaan. Apabila penerapan GCG tersebut kurang baik, maka perusahaan itu ada kemungkinan untuk melakukan tindak kecurangan, sedangkan jika perusahaan itu menerapkan GCG dengan baik, maka perusahaan tersebut akan baik dan dapat respon positif dari masyarakat luas sehingga tidak ada perselisihan antara pengusaha dengan lingkungan sekitar. Diharapkan dengan diselenggarakanya LKTI dan Seminar ini kita semua akan mengerti sejauh mana peran perusahaan migas untuk kesejahteraan kita semua. Apakah kita sudah menikmati kekayaan di negeri kita sendiri? Sejauh mana pemberian CSR perusahaan migas kepada kita? Dan diharapkan kita juga mengetahui apakah bumi kita tetap terawat dengan baik dengan adanya eksploitasi ini.
  
1.    Persyaratan Peserta Perlombaan LKTI
a.       Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah 2013 adalah mahasiswa yang masih aktif dan masih terdaftar menjadi Mahasiswa di universitasnya.
b.      Peserta adalah sebuah team yang terdiri dari 2-3 orang.
c.       Anggota kelompok tidak harus berasal dari bidang ilmu yang sama.
d.      Peserta wajib menyertakan foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 3 lembar.
e.       Peserta membayar biaya pendaftaran sebsar Rp 80.000,00/kelompok dan ditransfer ke Rekening: BANK BNI
                 a/n TIA SARI NASTITI
                 0249167717
f.       Karya tulis yang dikirim harus merupakan tulisan yang belum pernah dipublikasikan, dilombakan, atau menjuarai Lomba Karya Tulis lain maupun khalayak ramai.

 2.    Tahap Seleksi
I.                   Babak Penyisihan
Babak penyisihan dimulai sejak proposal diterima oleh pihak panitia dan sampai batas akhir pengiriman proposal, dengan syarat :
1.      Mengirimkan karya tulis paling lambat Kamis, 28 Februari 2013 cap Pos.
ditujukan kepada :
Panitia LKTI dan SEMINAR MIGAS 2013
HMPS Akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta
Gedung Akt-DD02, Fak Ekonomi.
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Yogyakarta
Alamat: Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur, Depok, Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55283
2.      Tema karya tulis sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
3.      Aturan penulisan sesuai dengan ketentuan dalam Pedoman Karya Tulis Ilmiah 2013.

4.      Melampirkan surat pengantar dari pihak kampus.
5.      Melampirkan fotokopi bukti transfer pembayaran.
6.      Melampirkan fotokopi kartu tanda mahasiswa.
7.      Melampirkan formulir pendaftaran
Dari setiap karya tulis yang telah dikirimkan oleh peserta, akan dipilih 5 karya tulis terbaik untuk mengikuti babak final dan mengikuti seminar ekonomi migas 2013.

II.                Babak Penyisihan
Dilaksanakan 1 Februari – 1 Maret 2013

III.             Babak Final
Dilaksanakan Rabu, 6 Maret 2013, terdiri dari:
1.      Presentasi karya tulis oleh finalis. Finalis diberi waktu maksimal 40 menit.
2.      Tanya jawab oleh dewan juri selama 10 menit.
IV.             Susunan Acara Babak Final
Waktu
Kegiatan
07.30 - 08.00
Daftar Ulang Peserta
08.00 - 08.10
Pembukaan
08.10 - 08.30
Kata Sambutan :
Ketua Panitia
Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi
Ketua Program Studi Akuntansi
08.30 – 11.00
Babak Final
5 (Lima)  Team  @30 menit
11.00 - 11.30
Istirahat
11.30 - 12.00
Pengumuman Pemenang dan Penutupan
 
V.                Keterangan tambahan :
Bagi finalis yang lolos 5 besar, diundang untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya dengan dikenakan biaya sebesar Rp 450.000,- per team. Yang akan digunaan untuk  biaya penginapan dan konsumsi selama dijogja.

3.    Tema
       Materi tulisan mengacu pada satu tema yaitu: “KEUNTUNGAN BISNIS DUNIA PERMINYAKAN dan GAS BUMI DITINJAU DARU SEGI EKONOMI dan KELAYAKAN PSC DI INDONESIA”
Sub Tema :
·         Responsi masyarakat Indonesia Terkait Perusahaan Minyak dan Gas di Indonesia.
·         Peran CSR dalam rangka memajukan kesejahteraan rakyat.
·         Optimalisasi Nilai tambah sektor migas terhadap perekonomian nasional

4.    Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1.    Kreatif dan Objektif
 a.    Tulisan berisi gagasan kreatif yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat.
 b.    Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak subjektif.
 c.    Tulisan didukung data dan/atau informasi terpercaya.
 d.   Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi.
2.      Logis dan Sistematis
a.       Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
b.      Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.
3.      Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka atau fiksi-sains
4.       Materi Karya Tulis
Materi yang ditulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis.Kesempatan ini diberikan kepada para siswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan, walaupun yang bersangkutan tidak sedang belajar secara formal di bidang tersebut.Materi karya tulis merupakan isu mutakhir atau aktual.
5.      Sistematika Penulisan
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
 1) Judul diketik dengan huruf  besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
 2) Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.
 3) Logo universitas dan asal universitas ditulis dengan jelas.
 4) Tahun penulisan.
 5) Cover menggunakan kertas buffalo warna putih ukuran A4 lalu dijilid menjadi buku.
b. Lembar Pengesahan
 1) Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk.
 2) Lembar pengesahan ditandatangani Ketua kelompok, Dosen Pembimbing.
 3) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
c. Kata Pengantar dari penulis
 d. Daftar Isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
 e. Ringkasan (bukan abstrak) karya tulis disusun maksimum 1 (satu) halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.

2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
1)  Latar belakang yang berisi uraian tentang alasan mengangkat gagasan menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung).
2)  Rumusan Masalah
     Rumuskan dengan jelas permasalahaan yang ngin ditelitiatau diselesaikan. 
     Permasalahan dapat bersumber dari literatur ataupun sumber sumber terpercaya.tunjukan masalah yang menjadi perioritas utama dalam penulisan sebuah karya ilmiah.
3)  Tujuan
Berikan secara singkat mengenai tujuan karya ilmiah yang dibuat.dapat bertujuan untuk menjajagi menguraikan menerangkan membuktikan dan menerapkan gejala gejala, konsep atau gangguan.
4)  Luaran yang diharapkan peneliti.
b. Gagasan
Uraikan tentang:
  - Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan),
- - Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki keadaan pencetus gagasan,
3 -  Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan,
4 - Pihak-pihakyang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan saran dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya
  - Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai,
c. Kesimpulan
1  - Gagasan yang diajukan,
2  - Teknik implementasi yang akan dilakukan,
3  - Prediksi hasil yang akan diperoleh (manfaat dan dampak gagasan)

3. Bagian Akhir
 a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
 b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta mencakup:
 - nama lengkap,
 - tempat dan tanggal lahir,
 - karya-karya ilmiah yang pernah dibuat,
 - penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
 c. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto /dokumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.
Persyaratan penulisan
a .       Naskah yang pernah memenangkan suatu lomba penulisan ilmiah, pernah diikutkan lomba karya tulis, atau pernah dipublikasikan tidak berhak lagi diajukan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan  oleh Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi.
b .      Naskah ditulis menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word 2010 (.doc).
c .       Naskah ditulis maksimal 15 (lima belas) halaman terhitung dari latar belakang, daftar pustaka, CV satu team, Dosen pembimbing dan lampiran (jika diperlukan).
d .      Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti “tdk”, “tsb”, “yg”, “dgn”, “sbb”, “dll”.

Pengetikan
a .       Naskah diketik 1 (satu) spasi pada kertas berukuran A4 dengan font 12, Times New Roman style, jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri, 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas, dan 3 cm dari batas bawah.
b .      Cara penulisan Bab dan Subbab tidak menggunakan sistem numeral, artinya tidak ada penomoran Bab dan Sub-bab. Penulisan bab baru mengikuti bab sebelumnya dengan jarak 14 point antara judul bab dengan baris terakhir bab sebelumnya (tidak berganti halaman baru).
c .       Judul artikel diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
d .      Judul Bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan style bold (cetak tebal) dimulai dari sebelah kiri tanpa digarisbawahi.
e .       Judul Subbab ditulis dengan style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”); kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
f.       Judul Anak Subbab ditulis dengan style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”); kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
g .      Jarak pengetikan antara Bab dan Subbab 2 spasi, antara Subbab dan kalimat dibawahnya 1 spasi.
h .      Alinea baru diketik menjorok ke dalam (diberi indentation) sebanyak 7-8 karakter (sekitar 1,25 cm).
i.        Ringkasan dan Daftar Pustaka diketik 1 spasi. Khusus ringkasan ditulis menggunakan style italic (cetak miring).
j.        Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan serta kata pengantar apabila ada, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
k .      Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab (1,2,3, dst) yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas.
l.         Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.
  m.    Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.
  n.      Hindari penggunaan warna dalam gambar, gunakan teknik grayscale untuk foto atau diagram, dangunakan pattern/pola untuk menggantikan warna dalam grafik garisataupun diagram.

Kriteria Penilaian :
·         Orisinalitas
·         Kreativitas
·         Inovasi
·         Kelogisan dalam penerapan nyata
·         Format Karya penulisan
·         Teknik Presentasi


PENGHARGAAN PEMENANG
Juara 1                 :  Rp 1.500.000,- + Tropi + Tiket Seminar Ekonomi Minyak dan Gas
Juara 2                 :  Rp 1.000.000,- + Tropi + Tiket Seminar Ekonomi Minyak dan Gas
Juara 3                 :  Rp    750.000,- + Tropi + Tiket Seminar Ekonomi Minyak dan Gas










FORMULIR PENDAFTARAN
Lomba Karya Tulis Ilmiah
Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi
Universitas Pembangunan Nasional ”veteran” Yogyakarta


JUDUL KARYA



ASAL UNIVERSITAS

NAMA KETUA TIM                    :
FAK/JURUSAN/PRODI              :
No.Hp/ EMAIL                           :
ALAMAT LENGKAP                    :

DATA PESERTA

                

NAMA ANGGOTA 1                  :
FAK/JURUSAN/PRODI              :
No.Hp/ EMAIL                           :
ALAMAT LENGKAP                    :



NAMA ANGGOTA 2                  :
FAK/JURUSAN/PRODI              :
No.Hp/ EMAIL                           :
ALAMAT LENGKAP                    :


Dengan ini saya menyatakan bahwa data yang saya sampaikan adalah benar adanya
                                                                                                                        Ketua TIM

(..................................................)
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA PESERTA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
     Nama Ketua Tim         :                 
            Asal Universitas          :                 
            NIM                            :                 
            Alamat                                    :
dengan ini menyatakan bahwa karya tulis dengan judul ................................................................
...........................................................................................................................................
Yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta adalah benar merupakan karya kami dan karya tulis tersebut belum pernah menjadi finalis atau memenangkan perlombaan sejenis di tempat yang lain.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar benarnya. Jika kemudian menyalahi aturan, karya saya berhak didiskualifikasi dari perlombaan tersebut
Dibuat di:....................................            
Pada tanggal: ................................ 2013
Yang Membuat Pernyataan
Ketua TIM     


                        (..................................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates